Langsung ke konten utama

Wanita dan Sistem Polygami

Topik yang satu ini, hmm gimana ya ...
Kalau ditanya kalau sudah nikah nanti, kau mau gk dipolygami?
Wew jawabannya pasti kalian bisa tebak....

Yang perlu banyak orang ketahui adalah tradisi polygami itu sendiri sudah menjadi tradisi turun-temurun jauh hari sebelum islam datang, di indonesia sendiri aku rasa tradisi seorang laki-laki punya istri lebih dari satu memang sudah ada sebelum kedatangan islam ke nusantara,  dulu aku pernah tanya ke nenek ku .

Dikalangan bangsa arab sendiri tradisi polygami bukanlah hal yang tabu, tidak ada larangan dari kepala suku maupun tradisi yang mereka anut terhadap tindakan polygami. Yang pertama harus kita pahami adalah Polygami dalam islam merupakan respons atas keadaan masyarakat Pra Islam.
Yang kedua, sebenarnya Islam menganut monogami, apabila kita lihat lebih dalam mengenai prinsip perkawinan itu, dalam al-quran disebutkan:

"dan kawinilah olehmu dari perempuan-perempuam itu dua,tiga dan empat, dan apabila kamu tidak bisa berbuat adil maka satu saja atau hamba sahaya yang kamu miliki"(QS.An-Nisa :3)

Ayat ini tersiri dari qarinah "in" yang dalam pengertian bahasa arab berarti mengandung makna kebolehan itu didasarkan atas kemampuan manusia berbuat adil, apabila ia tidak bisa berbuat adil maka dalam fiqh ia hanya boleh kawin satu saja , prinsip ini dipertegas dalam lanjutan ayat tersebut:

"dan apabila kalian takut berbuat tidak adil maka kawinilah satu saja"(qs. An-nisa :3)

Sangatlah tidak adil apabila pemikir barat mendiskreditkan islam dengan menyatakan islam yang secara legal formal menyatakan kebolehan berpolygami. Dan mereka mengejeknya dengan menyebutkan islam memberlakukan Harem System.

Tradisi Agama lain dalam polygami:

1. Tradisi Yahudi
Zaman nabi ibrahim polygami sudah berlaku , bahkan sarah yang tidak mewrisi anak sampai masa tuanya menyarankan agar nabi ibrahim menikah lagi, dan akhirnya dikawinilah hajar yang melahirkan anak ismail baru kemudian sarah mempunyai anak ishak dan yacob, kemudian pada gilirannya nabi ya'kub mengawini dua wanita yang bernama le'ah dan rachel, bahkan nabi musa mengawini dua orang istr ipertama putri jethro dan zipporah dan kedua berasal dari wanita keturunan mesir, nabi daud memiliki delapan istri, dan anaknya yaotu nabi sulaiman memiliki banyak istri.

Dalam kitab talmud dan old testament sebagaimana ditulis oleh rabbi massudi artikel no.55 menyatakan bahwa apabila seorang mampu berlaku adil maka ia boleh mengambil istri kedua, dalam artikel no. 122 dan 164 dinytakan bahwa apabila seorang istrinya gila atau menopouse ia boleh beristri lagi.

2. Tradisi Kristen
Polygami dalam agama kristen tidak pernah dilarang pada awal-awal abad pertama, larangan untuk menikah lebih dari satu baru dideklarasaikan Constantinopel pada abad ke 5 tahun 407.
Kemudian John of Leiden pimpinan aliran anabaptist di kota munster mendeklarasikan kebolehan kawin lebih dari satu di abad ke 16 ia berasal dari sekte kristen, ia menyatakan seorang kristiani hendaknya memiliki istri lebih dari satu.

Kemudian joshep sett pimpinan aliran moromos pada tahun 1830 di amerika serikat mempertimbangkan normalisasi hukum polygami yang dilindungi oleh hukum positif akan tetapi pada tahun 1887 dan akhirnya pada tahun 1890 aliran mormons secara resmi mengakhiri praktek polygami , gereja ethiopia juga memberikan kelonggaran prisip polygami di masa belakangan ini.

Akhirnya dapat dikatakan bahwa pemikir-pemikir barat juga mendukung idealisme polygami dengan argument-argument ilmiah, diantaranya adalah seorang inggris , Marin Maden pengarang buku yang diterbitkan tahun 1870 berjudul teatise on female ruin, kemudian folosof Scopenhaeur juga menerbitkan essay meletakan soal polygami sebagai suatu kebutuhan yang tidak bisa dihindari dan mengarahkan kemauan laki-laki diseluruh dunia yang semestinya dipayungi dengan hukum yang sesuai, bahkan sosiolog Herbet spencer menulis dalam Principles of sociology bahwa bangsa yang mengadopsi sistem monogami akan punah sebelum mereka yang menerapkan yang menerapkan sister polygami.
(dikutip dari bukunya shalahudin hamid : hak asasi manusia dari perspektif islam)

Nabi muhamad sendiri menikah lagi setelah dua tahun kematian istri pertamanya khadijah, Dan selanjutnya dari semua wanita yang dinikahinya adalah janda-janda tua yang miskin dan butuh perlindungan hanya Aisyah saja istri nya yang berusia muda.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Film Her Granddaughter

Her granddaughter (Otoko no Isshou = A man’s life) Her granddaughter adalah Film Jepang  yang diangkat dari manga dengan judul Otoko no isshou ( A man’s life) , film romance yang menampilkan perbedaan usia yang jauh ( 20 tahun lebih) antar kedua tokoh utamanya. Tsugumi wanita usia 30 yang setelah putus dari pacarnya yang ternyata sudah berkeluarga memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya di Tokyo, dan memilih untuk menenangkan diri di rumah neneknya (Towa) di pedesaan, tapi kemudian sang nenek meninggal dunia. Sehari setelah pemakaman sang nenek muncullah seorang laki-laki dengan rambutnya yang memutih usia 50 an dirumah Towa, laki-laki itu memperkenalkan dirinya sebagai Jun Kaeda, professor filosofi di Universitas kadoshima, dia berkata kalau dia pernah menjadi muridnya Towa dulu, Jun juga berkata kalau dirinya pindah ke ruangan kosong di sebelah kompleks rumah Towa, dan dia sudah mendapat izin dari almarhum Towa untuk kapan saja tinggal di ruangan

Buku Quiet "Daya Introvert di dalam Dunia yang tidak bisa berhenti bicara" Oleh Susan Chain

Dalam buku setebal 410 halaman (versi Bahasa Indonesia) Berjudul Quiet "Daya introvert di Dunia yang tidak bisa berhenti bicara" Susan Chain mengupas tuntas memngenai Introversi. Introversi sebagai sebagai tipe kepribadian Introversi merupakan salah satu tipe kepribadian dan bukanlah hal yang aneh,  tetapi didalam kehidupan sosial yang dimana masyarakatnya dominan Ekstrovert, Introversi sering kali disalah pahami sebagai kegagalan dalam berinteraksi sosial, keanehan, bahkan penyakit, banyak orang (Ekstrovert) menganggap Introversi sebagai "suatu hal" yang harus diperbaiki. Introversi dengan sifat-sifat naruliahnya yang pendiam, suka menyendiri, dan jarang bicara dianggap tidak cocok dengan keadaan masyarakat kita yang Berisik. Menurut Carl Jung Seorang Introvert ditarik kedalam pemikiran dan perasaan, introvert fokus pada makna yang mereka buat dari kejadian disekeliling mereka, mereka mengisi baterei (energi) mereka dengan menyendiri. Seorang introvert men

Tidak Ada Batas Waktu

Untuk sesuatu yang berharga, tidak ada kata terlambat untuk menggapainya.  Atau dalam kasusmu terlalu dini untuk menjadi seseorang yang kamu inginkan.  Gak ada batas waktu, kamu bisa berhenti  ketika merasa lelah. Kamu bisa bisa berubah atau tetap seperti ini.  Gak ada peraturan khusus kok.  Kamu bisa menggapai yang terbaik atau yang terburuk.  Dan aku berharap kamu menemukan hal yang membangkitkanmu.  Aku berharap kamu merasakan hal yang berlum pernah kamu rasakan sebelumnya. Aku berharap kamu bertemu dengan orang yang punya cara pandang berbeda.  Aku berharap semoga kamu menjalani hidup yang  (mana)  kamu bisa banggakan Jika kamu merasa  (Hidupmu yang sekarang ini )  tidak  (seperti itu) Maka aku berharap kamu punya kekuatan untuk mecoba lagi...