Langsung ke konten utama

Dan Alam pun Bertasbih

Istilah at-tasbih diambil dari kata Assab , sedangkan kata Asibaahah bermakna mengambang dan dalam bentuk bahasa arab berarti mengerakan fisik (materi) di tengah materi yang lebih rendah kepadatan materinya seperti air atau udara.

Kata tasbih secara etimologis berarti berdzikir , mengagungkan dan menyucikan dari segala kekurangan.

"Langit yang tujuh , bumi dan semua yang didalamnya bertasbih kepada allah dan tidak satupun  melainkan bertasbih dengan memujinya , tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka, sesungguhnya dia adalah maha pengatur lagi maha pengampun"(al-israa : 44)

cukup sering aku mendengar ayat yang satu ini ada yang mengartikan kalau bumi dan kehidupan seperti yang ada di bumi itu bukan hanya satu tapi mungkin saja ada bumi, bumi yang lain di galaxy sana, tapi apalah daya kita akal dan kemampuan kita tidak akan sanggup untuk menjelajahi seluruh jagad raya ini, dan kalaupun memang ada kehidupan di galaxy lain , pastilah kita tidak bisa melihatnya karna kita terikat oleh ruang dan waktu ,,,(jadi teringat pertanyaan seorang teman ke guru agama di kelas) well beberapa bulan yang lalu aku tanya sama guru Fiqih dan aku dapat jawaban yang cukup memuaskan akal dan logikaku,,, pemikiran dia mirip dengan apa yang aku duga..

dalam ayat itu di jelaskan kalau yang ada di langit maupun di bumi , baik mahluk hidup maupun benda mati senantiasa bertasbih kepada allah , hanya saja kita tidak mengerti.


Nah sekarang kita tinjau dari segi ilmiah

Dasar penyusun materi baik mahluk hidup ataupun benda mati adalah berupa unsur dan molekul, unsur terbentuk dari atom, di dalam dunia sub atomik terdapat partikel-partikel berupa inti atom yang terdiri atas proton-proton yang bermuatan positif, neruton yang bermuatan netral dan electron yang bermuatan negatif, yang berputar dalam putaran tertentu di sekitar inti atom yang disebut kulit atom.

Electron memancarkan energi ketika berpindah dari kulit satu ke kulit yang lainnya, energi ini keluar dalam bentuk proton-proton. energi tiap gelombang elektromagnetik dihitung dengan bilangan ketika ia memancarkan atau menyerap ikatan yang serupa dengan patikel-partikel yang memiliki energi itu yang dinamakan foton.

Energi tiap foton sesuai dengan frekuensi radiasi yang timbul darinya, pada partikel-partikel padat biasanya unsur-unsur dan komposisinya mengkristal dalam bentuk geometris tertentu tiap unsur atau komposisi itu dinamakan kristala atau hablur , tiap-tiap bagian hablur terus menerus bergetar dan menghasilkan gelombang-gelombang getaran khusus yang merupakan ciri khasnya yang berfungsi membedakan dari unsur komposisi lainnya. Ia juga berfunfsi sebagai bahasa khusus yang mengungkapkan tentang dirinya yang kita kenal dengan tasbih masing-masing benda tersebut.

Lalu darimanakah sumber energi penggerak partikel yang menyebabkan getaran gelombang suara ungkapan bahasa benda hidup maupun benda tidak hidup?  tentu saja Allah SWT yang maha agung, maha tahu dan maha bijaksana.
Partikel-partikel pokok materi bergerak dalam atom .Atom -atom bergerak dalam dalam molekul, dan molekul bergerak dalam materi dengan bentuk yang berbeda-beda, yaitu berupa gas, cair dan padat dalam tubuh -tubuh makhluk hidup dan benda mati baik berupa tumbuh-tumbuhan , bebatuan, hewan maupun manusia,

Dalam skala besar satelit-satelit bergerak beredar mengelilingi planet-planet, lalu bersama planet mengelilingi matahari , kemudian bersama matahari mengelilingi pusat galaxy dan bersama galaxy mengelilingi pusat kumpulan galaxy dan bersamanya mengelilingi pusat-pusat yang lebih luas lagi sampai pada pusat alam semesta yang tidak bisa diketahui oleh siapapun , kecuali ALLAH SWT .

Dan seluruh alam semesta beserta isinya senantiasa bertasbih dengan memujinya secara terus - menerus dan tidak henti-hentinya, maha suci Alah dengan segala firmannya.

Akhirnya baru ngerti juga maksud dari ayat yang satu ini...
Nih nemu bukuDan Alampun Bertasbih di perpustakaan...
Oh ternyata begini toh..oh ternyata ini maksudnya ....

Komentar

  1. saya pulangkan apa sahaja yg saya ambil daripada tuan/puan dan kepunyaan tuan/puan yang ada pada diri saya, isteri saya dan anak anak saya. saya sekeluarga ambil yg Haq semata-mata tiada yg lain dulu kini dan selamanya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Film Her Granddaughter

Her granddaughter (Otoko no Isshou = A man’s life) Her granddaughter adalah Film Jepang  yang diangkat dari manga dengan judul Otoko no isshou ( A man’s life) , film romance yang menampilkan perbedaan usia yang jauh ( 20 tahun lebih) antar kedua tokoh utamanya. Tsugumi wanita usia 30 yang setelah putus dari pacarnya yang ternyata sudah berkeluarga memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya di Tokyo, dan memilih untuk menenangkan diri di rumah neneknya (Towa) di pedesaan, tapi kemudian sang nenek meninggal dunia. Sehari setelah pemakaman sang nenek muncullah seorang laki-laki dengan rambutnya yang memutih usia 50 an dirumah Towa, laki-laki itu memperkenalkan dirinya sebagai Jun Kaeda, professor filosofi di Universitas kadoshima, dia berkata kalau dia pernah menjadi muridnya Towa dulu, Jun juga berkata kalau dirinya pindah ke ruangan kosong di sebelah kompleks rumah Towa, dan dia sudah mendapat izin dari almarhum Towa untuk kapan saja tinggal di ruangan

Buku Quiet "Daya Introvert di dalam Dunia yang tidak bisa berhenti bicara" Oleh Susan Chain

Dalam buku setebal 410 halaman (versi Bahasa Indonesia) Berjudul Quiet "Daya introvert di Dunia yang tidak bisa berhenti bicara" Susan Chain mengupas tuntas memngenai Introversi. Introversi sebagai sebagai tipe kepribadian Introversi merupakan salah satu tipe kepribadian dan bukanlah hal yang aneh,  tetapi didalam kehidupan sosial yang dimana masyarakatnya dominan Ekstrovert, Introversi sering kali disalah pahami sebagai kegagalan dalam berinteraksi sosial, keanehan, bahkan penyakit, banyak orang (Ekstrovert) menganggap Introversi sebagai "suatu hal" yang harus diperbaiki. Introversi dengan sifat-sifat naruliahnya yang pendiam, suka menyendiri, dan jarang bicara dianggap tidak cocok dengan keadaan masyarakat kita yang Berisik. Menurut Carl Jung Seorang Introvert ditarik kedalam pemikiran dan perasaan, introvert fokus pada makna yang mereka buat dari kejadian disekeliling mereka, mereka mengisi baterei (energi) mereka dengan menyendiri. Seorang introvert men

Tidak Ada Batas Waktu

Untuk sesuatu yang berharga, tidak ada kata terlambat untuk menggapainya.  Atau dalam kasusmu terlalu dini untuk menjadi seseorang yang kamu inginkan.  Gak ada batas waktu, kamu bisa berhenti  ketika merasa lelah. Kamu bisa bisa berubah atau tetap seperti ini.  Gak ada peraturan khusus kok.  Kamu bisa menggapai yang terbaik atau yang terburuk.  Dan aku berharap kamu menemukan hal yang membangkitkanmu.  Aku berharap kamu merasakan hal yang berlum pernah kamu rasakan sebelumnya. Aku berharap kamu bertemu dengan orang yang punya cara pandang berbeda.  Aku berharap semoga kamu menjalani hidup yang  (mana)  kamu bisa banggakan Jika kamu merasa  (Hidupmu yang sekarang ini )  tidak  (seperti itu) Maka aku berharap kamu punya kekuatan untuk mecoba lagi...